NILAI PENDIDIKAN KARAKTER CERPEN “BATU LUMUT KAPAS” KARYA GUS TF SAKAI
DOI:
https://doi.org/10.47269/gb.v5i1.79Keywords:
value, character education, short storyAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen “Batu Lumut Kapas” karya Gus tf Sakai. Nilai-nilai tersebut sebagaimana termuat dalam Buku Panduan Pendidikan Karakter yang dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas 2011. Hasil penelitian yang diperoleh, cerpen Batu Lumut Kapas mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, seperti nilai: (1) relegius, (2) kejujuran, (3) kerja keras, (4) mandiri, (5) demokratis, (6) nasionalisme, (7) menghargai prestasi, (8) komunikatif, (9) cinta damai, (10) peduli sosial, dan (11) nilai tanggung jawab. Kesebelas nilai pendidikan karakter tersebut menyatu keberadaannya dalam teks cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cerpen Gus tf Sakai yang berjudul “Batu Lumut Kapas” kaya akan nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Gus tf Sakai telah bersumbangsih pemikirannya dalam memperbaiki krisis krakter yang sedang dialami masyarakat saat ini. Gus tf Sakai sangat peduli dan peka terhadap realitas yang ada di lingkungannya. Cerpen ini termasuk cerpen yang yang bermutu dan layak menjadi bacaan semua kalangan.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Cerpen
Â
Abstract:This study aims to describe the values of character education contained in the short story "Batu Lumut Kapas" by Gus tf Sakai. These values as contained in the Character Education Handbook issued by the Ministry of National Education's 2011 Curriculum and Book Keeping Center. The results of the research obtained, the Batu Lumut Kapas short story contains character education values such as: (1) religious, (2 ) honesty, (3) hard work, (4) independent, (5) democratic, (6) nationalism, (7) respect for achievement, (8) commu-nicative, (9) peace-loving, (10) social care, and (11 ) value of responsibility. The nine values are integrated into the short story. Thus, it can be concluded that Gus tf Sakai's short story entitled "Batu Lumut Kapas" is rich in character education values inside it. Gus tf Sakai has contributed his thoughts in improving the character crisis that is currently being experienced by society. Gus tf Sakai is very caring and sensitive to the reality that exists in his environment. This short story includes short stories that are good of quality and deserve to be read by all groups.
Â
Downloads
References
Djamaris, Edwar. 1994. Sastra Daerah di Sumatera:Analisis Tema, Amanat, dan Nilai Budaya. Jakarta: Balai Pustaka
Esten, Mursal. 1978. Pengantar Teori dan Sejarah Sastra. Bandung:
Angkasa Faruk. 1994. Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fokkema, D.W. dan Alrud Kunne-IBSCH. 1998. Teori Sastra Abad Kedua Puluh. Jakarta: PT Gramedia
Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fauzan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Arruz Media
Luxemburg,van.dkk.1984. Pengantar Ilmu Sastra.diterjemahkan oleh Dick Hartoko. Jakarta: Gramedia
Mahayana, Maman S. 2007. Ekstrinsikalitas Sastra Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Miles dan Huberman. 1992. Analisis DataKualitatif. Jakarta: UIP.
Muhardi dan Hasanuddin WS. 1990. Kajian Fiksi. Padang: FPBS IKIP Pdg.
Mukhlason, Akhmad. 2016. “Hegemoni dalam Cerpen-Cerpen Pada Kumpulnan Cerpen Kaki Langit Yang Terhormat Karya Gus tf Sakai”. http”//repository.unair.ac.id 30 Januari 2019 20.19
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Raditya, Ogi.2015. “Transitivitas Dalam Antologi Cerpen Kaki Yang Terhormat Karya Gus Tf Sakai”. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/dikutip 30 Januari 2019 pukul 21.10
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sakai, Gus tf. 2015. “Cerpen Batu Lumut Kapas”. Surat Kabar Republika
Samsiarni.2016. “Kepribadian Tokoh Jun dalam Novel Tiga Cinta Ibu Karya Gus tf Sakai. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/ index.php/ jurnal-gramatika/ article/view/ 1205. dikutip 30 Januari 22.25
Segers, Rien T. 2000. Evaluasi Teks Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
Sugono, Dendy. 2009. Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Sumardjo, Jakob dan KM, Saini. Apresiasi Kesusastraan. 1986. Jakarta: PT Gramedia
Syarbaini, Syahrial. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa. Bogor: Ghalia Indonesia
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya
------------.1991. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: PT Gramedia
TIM. 2011. “Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter”.http://repository. unand.ac.id/ 22742/I/4/Panduan_Pendidi-kan _Karakter.Pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence (CC BY-NC-SA 4.0)Â that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.
 
							