ANALISIS KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA PADA UNGGAHAN DALAM GRUP DARING JUAL-BELI DI KOTA TANJUNGPINANG

Authors

  • Tasliati Tasliati Kantor Bahasa Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.47269/gb.v4i2.66

Keywords:

speech impoliteness, impoliteness strategy, uploads, online selling and buying groups

Abstract

This study expects impoliteness on uploads in a group of selling and buying in Tanjungpinang City. The study is conducted to see the impoliteness on uploads using impoliteness theory of Jonathan Culpeper. This study aims to describe impoliteness strategies and factors that influence the impoliteness. Observation by recording and tapping collects the data. The determinant is the intuition of researchers as Indonesian speakers. Data analysis uses a pragmatic equivalent by pragmatic sorting technique and distributional method by direct elements deviding techniques. The results shows that there are three impoliteness strategies found, namely positive impoliteness, negative impoliteness, and pseudo politeness. Impoliteness occurs because of the following factors: expressing anger, fury, or resentment; provoking speech partner reactions; and humiliating or demeaning.

 

Abstrak

Penelitian ini menduga adanya ketidaksantunan pada unggahan dalam grup daring jual-beli di Kota Tanjungpinang. Penelitian dilakukan untuk melihat ketidaksantunan dalam unggahan dengan menggunakan teori ketidaksantunan Jonathan Culpeper. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi-strategi ketidaksantunan dan faktor yang memengaruhi ketidaksantunan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik catat dan sadap. Alat penentunya adalah intuisi peneliti sebagai penutur jati bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik daya pilah pragmatis dan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi ketidaksantunan yang ditemukan, yaitu ketidaksantunan positif, ketidaksantunan negatif, dan kesantunan semu. Ketidaksantunan terjadi karena didorong oleh faktor-faktor berikut: mengungkapkan kemarahan, kegeraman, atau kekesalan; memancing reaksi mitra tutur; dan mempermalukan atau merendahkan.

Kata Kunci: ketidaksantunan berbahasa, strategi ketidaksantunan, unggahan, grup daring jual-beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

Archer, D.E. (2008). Verbal aggression and impoliteness: related or synonymous?Dalam Derek Bousfield dan Miriam A. Locher (Ed.), Impoliteness in Language: Studies on its Interplay with Power in Theory and Practice. Berlin: Mouton de Gruyter.

Bousfield, Derek. (2008). Impoliteness in the struggle for power. Dalam Derek Bousfield dan Miriam A. Locher (Ed.), Impoliteness in Language: Studies on its Interplay with Power in Theory and Practice. Berlin: Mouton de Gruyter.

Brown, Penelope & Levinson, Stephen C. (1987). Politeness: Some Universal in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Culpeper, Jonathan. (1996). Toward an anatomy of impoliteness. Journal of Pragmatics, 25, 349-367.

----------. (2005). Impoliteness and entertainment in the television quiz show: The Weakest Link. Journal of Politeness Research, 1, 35—72.

----------. (2008). Reflections on impoliteness, relational work and power. Dalam Bousfield, D & Locher (ed.), Impoliteness in Language: Studies on its Interplay with Power and Practice. Berlin: Mouton de Gruyter.

----------. (2011). Impoliteness: Using Language to Cause Offence, Cambridge: Cambridge University Press.

Fatimah, Nuraini & Zainal Arifin. (2014). Strategi Ketidaksantunan Culpeper

dalam Berbahasa Lisan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Ketidaksantunan Berbahasa dan Dampaknya dalam Pembentukan Karakter, 89–95. Surakarta: Muhammadiyah University

Press.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. (2007). Pengantar Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Caravastibooks.

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit UI.

Limberg, H. (2009). Impoliteness and threat responses. Journal of Pragmatics, 41, 1376-1394.

Lusiana, Martha. (2017). Analisis Ketidaksantunan di Media Sosial (Studi Kasus Kelompok Haters Ayu Ting Ting di Instagram). Tesis. Program Studi Ilmu Linguistik. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Gadjah

Mada.

Mills, Sara. (2003) Gender and Politeness. Cambridge: Cambridge University Press.

Sudaryanto. (1998). Metode Linguistik: ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wijana, I Dewa. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijayanto, Agus. (2014). Ketidaksantunan Berbahasa: Penggunaan Bahasa Kekerasan di Sinetron Bertema Kehidupan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Ketidaksantunan Berbahasa dan Dampaknya dalam Pembentukan Karakter, 115–125. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Yule, George.(1996). Pragmatics. New York: Oxford University Press.

Downloads

Published

04-02-2019

Issue

Section

Articles